0

Jenis penyakit hepatitis

hepatitis

Obat hepatitis alami – Hepatitis adalah suatu kelainan pada organ hati tau mengalami peradangan dan pembengkakan. Peradangan yang biasanya di tandai dengan adanya peningkatan pada kadar enzim yang ada di dalam hati. Pada peningkatan seperti ini biasanya di sebabkan oleh adanya gangguan pada bagian membran pada hati.

Baca juga : Obat hepatitis alami

Beberapa golongan penyakit hepatitis

  • Hepatitis A (HAV)
    Di dalam tinja orang yang terinfeksi dan paling sering di tularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Kontak seksual juga dapat menjadi penyebar HAV. Dalam banyak kasus ringan,penderita bisa pulih dan kebal pada virus HAV. Namun, infeksi yang parah dapat mengancam kehidupan.
  • Hepatitis B (HBV)
    HBV ditularkan melalu kontak dengan darah yang terinfeksi melalui transfusi atau produk darah yang terkena virus,alat medis,jarum suntik narkoba dan tato yang terkontaminasi,air mani,serta cairan tubuh lainnya. HBV juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat peroses persalinan.
  • Hepatitis C (HCV)
    Sebagian besar virus HCV ditularkan melalui paparan darah. Hal ini dapat terjadi melalui tranfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi,jarum atau suntikan yang terkontaminasi. Transmisi seksual juga bisa menyebarkan HCV meskipun jarang terjadi.
  • Hepatitis D (HDV)
    Infeksi virus HDV hanya terjadipada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang begitu serius.
  • Hepatitis E (HEV)
    Virus HEV sebagian besar di tularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis di negara-negara berkembang.

Baca juga : Obat hepatitis alami

Gejala

Berbagai gejala yang di timbulkan hepatitis adalah hilangnya nafsu makan,mual,muntah,sakit pada bagian perut,klelahan,demam,sakit pada sendi-sendi tulang,mata dan kulit menjadi berwarna kuning.

Hampir semua yang menderita hepatitis A bisa di sembuhkan dengan jangka watu beberpa minggu ataupun beberapa bulan. Berbeda dengan hepatitis A,B,C ialah cikal bakal dari penyakit hati kronis yang bisa mengakibatkan kerusakan sel hati,kanker hati,bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Pencegahan

Lantas bagaimana cara mencegah virus hepatitis? Berikut ulasan dan tips agar terhindar dari penyakit hepatitis.

Lakukan vaksinasi

Vaksin hepatitis A dan B merupakan cara pencegahan yang cukup efektif untuk menekan angka terjadinya hepatitis. Vaksin ini bisa dilakukan dalam satu kali vaksin atau dalam vaksin yang berbeda. Akan tetapi hingga saat ini,hepatitis C belum bisa di cegah dengan vaksin karena tidak ada vaksin yang tersedia untuk mencegah penyakit tersebut. Berikut merupakan vaksin yang dapat mencegah hepatitis A dan B :

Vaksin hepatitis A (Havrix dan Vata),diberikan dua kali secara berturut-turut dengan jeda waktu 6bulan.
Vaksin hepatitis B (Recombivax HB,Comvax,dan Engerix-B),yaiutu vaksin yang dibuat dari virus yang tidak aktif serta dapat diberikan tiga atau empat kali dalam kurun waktu 6bulan.
Komvinasi vaksin hepatitis A dan B (Twirinx),adalah vaksin yang diberikan dengan cara membaginya menjadi 3 seri.

Biasakan untuk mencuci tangan

Buatlah kebiasaan dalam keluarga anda untuk melakukan cuci tangan sebelum ataupun sesudah makan,setelah dari kamar mandi,serta sebelum maupun setelah mengolah bahan makanan. Hal seperti itu dapat mencegah keluarga anda terserang penyakit hepatitis,terutama hepatitis A dan E,karena penyakit tersebut ditularkan dari kotoran ke makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Berhati-hati dengan penggunaan jarum

Jarum ataupun peralatan medis lainnya yang tidak steril dapat menjadi sarana penyebaran dari hepatitis. Hal seperti ini harus di waspadai terutama oleh tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan penderita hepatitis. Selain itu penggunaan jarum sembarangan yang digunakan untuk membuat tato maupun digunakan secara bergantian untuk pemakaian obat terlarang,bisa menjadi sarana yang mungkin paling sering menyebabkan hepatitis.

Melakukan hubungan seksual yang aman

Tiga dari lima jenis hepatiti,penularannya dapat disebabkan melalui hubungan seksual. Oleh karena itu,penting untuk anda mengetahui riwayat penyakit pasangan anda.

Perhatikan makanan dan minuman

Meskipun memang anda dan keluarga telah terbiasa untuk menjaga kebersihan makanan dan tubuh dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,akan tetapi anda harus tetap memperhatikan apa yang akan anda dan keluarga makan,karena belum tentu orang lain yang menyiapkan makanan dan minuman tersebut menjaga kebersihan dirinya layaknya anda.

Mengetahui riwayat keluarga

Cari tahu apakah di keluarga anda ada yang pernah memiliki riwayat penyakit hepatitis sebelumnya atau tidak? jika iya maka anda dan keluarga setidaknya harus lebih waspada akan resiko penularan hepatitis yang mungkin terjadi. Lkakukanlah segera vaksinasi tepat waktu untuk mencegah terjadinya penularan hepatitis.

 

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *