0

Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks

kanker serviksKanker Leher Rahim atau lebih di kenal dengan kanker serviks,kini menjadi momok menakutkan dan mimpi buruk bagi wanita. Mengapa ? Sekali divonis kanker ini ,maka penderita berpotensi kecil untuk memiliki anak. Karena,dalam penangannya biasanya rahim akan diangkat. Dalam satu jam tercatat diperkiakan satu wanita Indonesia meninggal karena di sebabkan oleh keganasan kanker ini. Kanker servix juga merupakan kanker ganas yang kini mengincar wanita.

Penyebab kanker ini didominasi oleh keberadaan HPV ( human papilloma virus ) yang menyerang leher rahim. Namun biasanya, diawal penderita tidak akan mengalami keluhan yang berarti. Bahkan hampir tidak ada gejala yang muncul pada infeksi awal HPV , lesi prakanker, dan stadium awal kanker serviks. Hal ini mengakibatkan sebagian besar kasus kanker serviks terdiagnosis dalam keadaan terlambat.

Banyak penderita yang baru terdeteksi keberadaan kanker serviks pada tahap stadium lanjut. Gejala yang muncul pada stadium lanjut mulai terlihat, seperti pendarahan sesudah berhubungan intim,pendarahan spontan antara periode masa mestruasi rutin,nyeri panggul,nyeri saat berhubungan intim.

Baca juga : Obat Kanker Serviks

Penyebab Wanita Terserang Kanker Serviks

Penyebab terserangnya kanker serviks pada wanita sangatlah banyak diantanya adalah faktor usia dan genetik. Penyakit kanker bukan hanya mematikan,namun penyakit kanker jiga penyakit yang akan menurun. Penyakit kanker serviks pun seperti itu, karena itu kanker leher rahim yang di sebabkan oleh faktor genetik juga dapat di alami. Semua wanita memiliki potensi yang sama untuk terserang kanker serviks.

Penyebab lain yang lebih mendominasi terserangnya kanker serviks adalah gaya hidup yang tidak bersih. Kesalahan dalam penanganan organ kewanitaan membuat organ ini diserang virus HPV. Pola hidup yang tidak bertanggung jawab juga menjadi pemicu dari kanker servix. Seperti melakukan hubungan seks terlalu dini ( di bawah 20 tahun ),berganti pasangan menyebabkan sifilis,gonoroe,kutil kelamin,herpes simpleks,dan HIV-AIDS.

  • Sifilis => infeksi yang di sebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum
  • Gonoroe ( kencing nanah ) => penyakit menular seksual yang umum dan di sebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus.
  • Kutil Kelamin => Kutil kelamin atau kodiloma akuminata tumbuh di dalam atau di sekeliling missV,mr.P atau dubur,yang di tularkan melalui hubungan seksual.
  • Herpes Simpleks => penyakit yang di akibatkan oleh virud yang menyerang bagian kulit,mulut,dan alat kelamin.
  • HIV-AIDS => HIV adalah virus yang menyerang sitem kekebalan tubuh dan melemahkan kemmpuan tubuh untuk melawan ifeksi dan penyakit. AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV.

Cara mencegah Kanker Serviks

  • Rutin melakukan pemeriksaan pap smear

test-papsmear-kanker-serviks

Pap Smear adalah salah satu cara terbaik sebagai lini pertahanan pertama untuk pencegahan kanker serviks. Metode csreening yang satu ini berfungsi untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang nantinya berpotensi menjadi kanker.
Pemeriksaan pap smear di lakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali ( tanpa disertai tes HPV ),bagi anda yang berusia 21-30 tahun. sedangkan yang berusia 30 tahun lebih disarankan untuk melakukan pap smear disertai tes HPV setiap lima bulan sekali.

Baca juga : Spesialis Kanker

  • Mendapatkan vaksinasi HPV
    Seseorang yang berusia antara 9 sampai 26 tahun, disarankan untuk mendapat vakin HPV.
    Pada dasarnya vaksin HPV paling idela di berikan pada mereka yang memang belum aktif secara seksual.Namun apabila orang dewasa yang telah aktif secara seksual belum mendapatkan vaksin ini sebelumnya,sebaiknya segera melakukan vaksinasi.
    Meskipun vaksin HPV dapat mengurangi risiko kanker serviks tapi vaksin ini tidak menjamin sepenuhnya anda terlindung dari penyakit kanker serviks. Anda tetap di sarankan untuk menjalani pola hidup sehat dan rutin melakukan pap smear.
  • Hindari Merokok
    Tidak merokok adalah cara penting lainnya untuk mengurangi risiko kanker sekviks.
  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan
    Anda harus selalu menjaga daerah kewanitaan terutama saat menstruasi dan keputihan.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *