0

Fakta Dibalik Manisnya Madu Murni

Manfaat Madu Murni

madu

 

Seperti apakah madu sesungguhnya ?

Madu adalah suatu cairan kental yang manis dan lezat ,yang dihasilkan oleh hewan berjenis serangga yaknilebah atau tawon .”Apidae” adalah sekelompok atau kerluarga Lebah penghasil madu.Apis Mallifera adalah jenis madu yang paling banyak di budidayakan di Indonesia maupun seluruh dunia.
Nektar yakni cairan manis yang terdapat di dalam mahkota bunga yang biasa diserap oleh lebah atau tawon, yang kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam sarangnya untuk diolah menjadi bahan persediaan makanan utama bagi merekalah yang umumnya menghasilkan madu murni.

Baca juga : Suplemen untuk anak

Jenis-jenis Madu

Jenis-jenis madu yangdihasilkan oleh lebah atau tawon memang cukup banyak. Terlebih lagi bila ditinjau dari sari bunga atau nektar yang dimakan atau dibawa oleh lebah. Antara lain dikenal dengan sebutan: Madu bunga sepatu, calluna, linden, calliandra dan banyak lagi. Bila dilihat dari sumbernya, jenis-jenis madu antara lain:

  • Madu Flora

Madu flora atau madu bunga adalah madu murni yang dihasilkan dari nectar bunga. Madu ini umumnya terdiri dari dua jenis:

  1. Madu Monoflora yang dihasilkan dari nectar yang bersumber satu jenis bunga saja.
  2. Madu Porliflora atau madu yang dihasilkan dihasilkan dari nektar yang bersumber lebih dari satu macam bunga atau dari aneka macam bunga.
  • Madu Embun (honey dew) adalah madu yang dihasilkan lebah dari sekresi serangga tertentu yang sering terdapat pada tumbuh-tumbuhan atau kelopak-kelopak bunga.
  • Madu Ekstraflora yaitu madu yang dihasilkan dari nectar non flora atau yang bukan berasal dari bunga.

Baca juga : Penambah nafsu makan anak

Kandungan Madu

Madu mengandung senyawa Lysozyn yang memiliki daya anti-bakteri, termasuk senyawa Inhibine, yang dapat bekerja sebagai desinfektan. Hal itu yang menyebabkan madu alami dapat di manfaatkan sebagai penyembyh luka.

Manfaat Madu :

-Obat penyakit lambung atau alat pencernaan
-Mencegah kerusakan gigi
-Obat penenang dan anestensi
-Efek sedaktif

Madu bersifat anti-bakteri

Cara kerja madu sebagai antu-bakteri adalah madu mengikat air sehingga bakteri kekurangan air untuk menggandakan diri. Aktivitas anti-bakteri madu adalah terkait dengan hidrogen peroksida yang terbentuk secara enzimatis. Tingkat hidrogen peroksida yang di produksu bersifat anti-bakteri, namun tidak berbahaya bagi jaringan tubuh.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *