0

Gejala Penyakit Wasir dan Cara Mencegah

Penyakit Wasir atau juga disebut ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum yang lebih rendah, mirip dengan varises. Wasir memiliki sejumlah penyebab, meskipun sering penyebabnya tidak diketahui. Mereka mungkin akibat dari mengejan saat buang air besar atau dari meningkatnya tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan. Wasir mungkin terletak di dalam rektum (wasir internal), atau mereka dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Gejala Penyakit Wasir dan Cara MencegahPenyakit Wasir sangat umum. Hampir tiga dari empat orang dewasa akan memiliki wasir dari waktu ke waktu. Kadang-kadang mereka tidak menimbulkan gejala, tetapi di lain waktu mereka menyebabkan gatal-gatal, ketidaknyamanan dan perdarahan.

Kadang-kadang, gumpalan dapat terbentuk di dalam ambeien (wasir thrombosed). Ini tidak berbahaya, tetapi dapat menjadi sangat menyakitkan dan kadang-kadang perlu untuk menjadi lanced dan dikeringkan.

Untungnya, banyak pilihan yang efektif yang tersedia untuk mengobati wasir. Banyak orang bisa mendapatkan bantuan dari gejala dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup.
Gejala

Tanda-tanda dan gejala dari wasir dapat mencakup:

  • Perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar — anda mungkin melihat sejumlah kecil darah merah terang pada tisu toilet atau di toilet
  • Gatal-gatal atau iritasi di anal wilayah
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan
  • Pembengkakan di sekitar anus anda
  • Benjolan di dekat anus, yang mungkin sensitif atau menyakitkan (mungkin wasir thrombosed)

Gejala wasir biasanya tergantung pada lokasi.

Wasir Internal. Ini terletak di dalam rektum. Anda biasanya tidak dapat melihat atau merasakan wasir ini, dan mereka jarang menyebabkan ketidaknyamanan. Tapi tegang atau iritasi ketika melewati bangku dapat merusak wasir permukaan dan menyebabkan pendarahan.

Kadang-kadang, berusaha dapat mendorong wasir internal melalui pembukaan anal. Hal ini dikenal sebagai seorang yang menonjol atau wasir prolaps dan dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Wasir eksternal. Ini berada di bawah kulit di sekitar anus anda. Ketika jengkel, wasir eksternal dapat gatal atau berdarah.

Wasir Thrombosed. Kadang-kadang darah mungkin kolam renang dalam wasir eksternal dan membentuk gumpalan (trombus) yang dapat mengakibatkan sakit parah, pembengkakan, peradangan dan benjolan keras dekat anus anda.
Ketika ke dokter

Perdarahan saat buang air besar adalah tanda yang paling umum dari wasir. Dokter anda dapat melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk mengkonfirmasi wasir dan mengesampingkan yang lebih serius kondisi atau penyakit.

Juga berbicara dengan dokter anda jika anda tahu anda memiliki wasir dan mereka menyebabkan rasa sakit, berdarah sering atau berlebihan, atau tidak membaik dengan pengobatan rumah.

Jangan menganggap perdarahan rektal adalah karena wasir, terutama jika anda berusia lebih dari 40 tahun. Perdarahan rektum dapat terjadi dengan penyakit lainnya, termasuk kanker kolorektal dan kanker anal. Jika anda memiliki perdarahan bersama dengan ditandai perubahan dalam kebiasaan buang air besar atau jika tinja anda perubahan warna atau konsistensi, konsultasikan dengan dokter anda. Jenis-jenis tinja dapat sinyal lebih luas perdarahan di tempat lain di saluran pencernaan anda.

  • Mencari perawatan darurat jika anda mengalami sejumlah besar perdarahan rektum, kepala ringan, pusing atau pingsan.
  • Permintaan Janji di Klinik Mayo
    Penyebab

Pembuluh darah di sekitar anus anda cenderung untuk meregangkan bawah tekanan dan dapat tonjolan atau membengkak. Pembuluh darah yang bengkak (wasir) dapat berkembang dari peningkatan tekanan di rektum yang lebih rendah karena:

  • Mengejan saat buang air besar
  • Duduk untuk jangka waktu yang lama di toilet
  • Diare kronis atau sembelit
  • Obesitas
  • Kehamilan
  • Anal seks
  • Rendah diet serat

Wasir lebih mungkin dengan penuaan karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di rektum dan anus dapat melemah dan meregang.
Komplikasi

Komplikasi wasir sangat jarang terjadi, namun meliputi:

Anemia. Jarang, kehilangan darah kronis dari wasir dapat menyebabkan anemia, di mana anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke sel-sel anda.
Strangulasi wasir. Jika suplai darah ke wasir internal, wasir mungkin “strangulasi,” penyebab lain dari sakit yang ekstrim.

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah untuk menjaga tinja lembut, begitu mereka lulus dengan mudah. Untuk mencegah wasir dan mengurangi gejala wasir, ikuti tips berikut ini:

Makan makanan tinggi serat. Makan lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Demikian melembutkan tinja dan meningkatkan jumlah besar, yang akan membantu anda menghindari mengejan yang dapat menyebabkan wasir. Tambahkan serat untuk diet anda perlahan-lahan untuk menghindari masalah dengan gas.
Minum banyak cairan. Minum enam sampai delapan gelas air dan cairan lainnya (bukan alkohol) setiap hari untuk membantu membuat tinja lunak.

Pertimbangkan suplemen serat. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup dari jumlah yang disarankan dari serat 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram per hari untuk pria — dalam diet mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa over-the-counter suplemen serat, seperti Metamucil dan Citrucel, meningkatkan keseluruhan gejala dan pendarahan dari wasir. Produk-produk ini membantu menjaga tinja yang lembut dan teratur.

  • Jika anda menggunakan suplemen serat, pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air atau cairan lainnya setiap hari. Jika tidak, suplemen dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit lebih buruk.
  • Jangan saring. Tegang dan menahan napas anda ketika mencoba untuk melewati bangku menciptakan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah di rektum yang lebih rendah.
  • Pergi segera setelah anda merasakan dorongan. Jika anda menunggu untuk lulus buang air besar dan dorongan pergi, bangku anda bisa menjadi kering dan menjadi lebih sulit untuk lulus.
  • Latihan. Tetap aktif untuk membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah, yang dapat terjadi dengan waktu yang lama berdiri atau duduk. Olahraga juga dapat membantu anda menurunkan berat badan berlebih yang dapat memberikan kontribusi untuk wasir.
  • Hindari duduk dalam jangka waktu lama. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Itulah Gejala Penyakit Wasir dan Cara Mencegah yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *