0

Cara Mengobati Batuk

Batuk tidak masuk dalam kategori penyakit, akan tetapi batuk adalah salah satu respon dari sistem pertahanan tubuh disaluran pernafasan yang dikirim lewat syaraf menuju pusat batuk diotak untuk mengeluarkan lendir, makanan, asap, debu, dan yang lainnya dalam reseptor batuk seperti hidung, saluran pernafasan, dan telinga.

Benda asing yang terjebak di tiga reseptor batuk bisa berasal dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi atau dari sektor alamiah.

Batuk bisa terjadi selama 1 – 3 episode yang akhirnya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu batuk akut dan batuk kronis.

Ada banyak sekali penyebab batuk, salah satunya yaitu akibat terkaman virus atau bakteri. Selain infeksi, batuk juga bisa disebabkan dari faktor lain seperti :

  • Penyakit kambuhan
  • Rinitis alergi
  • Penyakit gERD atau gastroesophageal reflux
  • Polusi udara
  • Spora jamur
  • ACE inhibitor
  • Pertusis atau batuk rejan

Bagaimana cara mengobati batuk?

Lama membiarkan batuk dengan anggapan akan sembuh dengan sendirinya, namun ternyata tidak. Banyak yang mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya sedikit diperhatikan lagi masalah yang bisa berujung serius ini.

Ada banyak sekali yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat batuk, salah satunya dibawah ini :

Kacang almond
Meski belum banyak diketahui oleh banyak orang bahwa kacang almond ini bisa mengobati batuk. Akan tetapi sudah ada bukti bahwa kacang almond dapat menghilangkan batuk secara alami. Caranya tinggal rendam kacang almond selama 12 jam lalu tumbuk hingga menjadi pasta lembut, tambah 1 sendok teh mentega, konsumsi secara rutin.

Buah anggur
Buah anggur mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Sifat aekspektoran apda anggur mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan dalam saluran pernafasan. Untuk mengurangi rasa jenuh, anggur bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau dengan kreasi lainnya.

Wortel
Terdapat kandungan beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin a dengan kemampuan untuk meningkatkan daya tangkap mata, melindungi kulit dari terpaan sang mentari, dan berbagai penyakit kulit. Bukan itu saja, dalam wortel terdapat kandungan antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari radikal bebas. Wortel juga bisa mengobati batuk, caranya dengan dibuat jus dan dikonsumsi secara rutin.

Jeruk nipis dan kecap
Sudah banyak orang memberikan kesaksian bahwa perpaduan jeruk nipis dan kecap bisa mengobati batuk dengan singkat. Pasti sudah tahu cara mengatasi batuk dengan jeruk nipis dan kecap ini.

Teripang emas (gamat)
Sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan teripang emas sebagai produk kesehatan, salah satunya yaitu produk G-Sea jelly gamat rasa jeruk. Teripang emas ini mempunyai khasiat luar biasa untuk mengobati penyakit luar dan dalam.

Madu
Madu sudah terbukti secara empiris efektif mengobati batuk dan tenggoroan yang gatal. Madu ini bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan teh lemon.

Daun mint
Mint dipercaya bisa menjadi solusi untuk menyembuhkan batuk, infeksi saluran pernafasan bagian atas, dan bronkitis. Daun ini bisa menjadi bahan baku langsung yang dikonsumsi dengan menjadikannya teh untuk mengurangi inflamasi dan merileksasikan otot trakea dan ilea.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *