0

3 Penyebab Step Pada Anak Yang Perlu Anda Ketahui

3 Penyebab Step Pada Anak Yang Perlu Anda Ketahui – Penyakit Step atau Kejang sering terjadi pada anak usia antara 6 bulan – 5 tahun yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Step merupakan kondisi dimana terjadinya aktivitas sel saraf yang tidak normal dan tiba-tiba di dalam otak. Jenis step tergantung di bagian tertentu yang menyerang otak anak. Ada yang bersifat lokal sehingga menyerang bagian tertentu pada otak dan mengakibatkan step pada bagian tubuh tertentu. Ada juga yang bersifat menyebar, dan menyerang ke sebagian besar otak anak, sehingga step terjadi di seluruh tubuh.

 

Step wajar terjadi jika hanya berlangsung kurang dari 5 menit. Gejala yang dapat dijadikan indikasi bahwa anak mengalami step adalah :

  • Kedutan kecil atau sentakan ringan pada tubuh.
  • Pandangan mata yang kosong dan bola mata cenderung ke arah atas.
  • Tidak sadarkan diri dan terjatuh dari lantai.
  • Tidak responsif terhadap gerakan, tubuh cenderung kaku.

Untuk itu, anda harus mengetahui penyebab dan obat step pada anak serta cara mengatasinya. Simak berikut ini :

1. Demam Tinggi

Ketika suhu tbuh anak meningkat sampai diatas 38 derajat Celcius, maka saat itulah anak disebut mengalami demam. Gejala demam tidak semua disertai dengan kejang-kejang/step. Hanya sekitar 2%-5% anak di usia 6 bulan sampai 5 tahun yang mengalami step saat demam tinggi. Step yang normal akan berlangsung kurang dari 5 menit dan hanya merupakan awal akan terjadinya demam. Untuk penanganan awal dapat menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, rutin mengganti pakaian karena cenderung akan lebih sering keluar keringat dan dapat memberikan paracetamol sesuai dosis yang sudah ditentutakan.

Namun jika step lebih deri 5 menit, maka anda harus segera membawa anak anda ke dokter.

2. Gangguan / Luka Pada Sel Saraf Otak

Hal ini terjadi setelah anak mengalami trauma di kepala akibat terjatuh atau terkena benda tumpul yang langsung mengenai bagian kepala. Bahayanya dapat menimbulkan luka yang terjadi pada saraf otak sampai akhirnya dapat memicu terjadinya step, kesulitan bernapas ataupun tak sadarkan diri. Apabila ketiga hal tersebut terjadi setelah benturan, segera periksa anak anda ke rumah sakit terdekat.

3. Sesak Napas

Pada Anak, Step dapat ditandai dengan terjadinya sesak napas. Biasanya, sesak napas terjadi karena sedang marah, takut atau khawatir yang berlebihan ataupun saat terluka. Hal ini dapat mengarah pada terjadinya step, jika berlangsung selama lebih dari 5 menit segera bawa anak anda ke dokter. Hal ini akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia anak anda.

Itulah sedikit informasi tentang penyebab step pada anak yang perlu anda ketahui, sayangi anak anda, rawat dan beri obat step untuk anak anda yang cocok dan baik. Terima kasih semoga bermanfaat 🙂 .

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *