0

Tips Agar Si Kecil Aman Saat Berada Di Sekitar Air

Obat Anak Kecil | Si kecil yang semakin aktif bergerak juga rasa ingin tau nya yang semakin bertambah membuat para orang tua harus lebih waspada saat mereka akan bermain di dekat air. Tidak hanya di sekitar kolam renang saja, di kamar mandi pun orang tua harus tetap berhati-hati karena dalam waktu yang singkat dan dengan sedikit air saja bisa memicu bahaya bagi si kecil.

Jika balita bermain dekat air, seperti sekat kolam renang, bak mandi atau bahkan satu ember air, para orang tua harus selalu mendampingi mereka untuk memastikan si kecil berada dalam jangkauan orang tua untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

anak kecil

Cara Aman Bermain Di sekitar Rumah

Pastikan wadah yang berisi air seperti bak mandi, ember, drum penampung air atau aquarium yang berisi air berada pada tempat yang aman yang tidak bisa di jangkau oleh si kecil. Benda yang terlihat berbahaya tersebut bisa menjadi bencana jika si kecil bermain tanpa ada pengawasan di dekatnya. Atau biasakan mengosongkan wadah-wadah setelah digunakan dan tutup rapat tempat-tempat air tersebut.

Cara Aman Bermain Di sekitar Kolam

Di beberapa kolam renang umum sudah ada peraturan untuk memasangkan pagar disekitar kolam renang. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada anak dibawah umur. Jika di rumah terdapat kolam renang atau kolam ikan, sebaiknya pasang pagar pengaman untuk menghindari si kecil saat bermain terlalu dekat dengan kolam.

Cara Aman Di Kamar Mandi

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, tidak hanya kolam renang, wadah air, kamar mandi juga bisa berbahaya untuk si kecil jika ia bermain di dalamnya tanpa pengawasan orang dewasa. Ada beberapa metode yang aman bisa digunakan seperti:

– Jika di kamar mandi memasang pemanas air, turunkan suhu pemanas untuk berjaga-jaga jika si kecil bermain dengan kran pemanas air tersebut. Anak balita di bawah usia 2 tahun sudah bisa meraih westafel toilet dan bermain di dalamnya, karena itulah orang tua perlu memasang kunci toilet.

– Tidak lupa juga untuk menutup semua stop kontak yang ada di kamar mandi. Perlengkapan kamar mandi termasuk toilet, keran, bak mandi, dan westafel harus memenuhi kriteria aman untuk si kecil. Pilihlah perlengkapan aman dan yang berujung tumpul sehingga tidak membahayakan. Jika perlu, pasang karpet anti selip untuk mencegah balita terpeleset saat berada di kamar mandi.

Meminta bantuan tenaga ahli
Beberapa tempat kursus renang ada yang menyediakan program khusus anak-anak dan balita. Jika anda tertarik untuk mengajarkan si kecil berenang, pilihlah tempat kursus menawarkan program water satefy education atau pendidikan keselamatan di air. Tempat kursus renang tentunya harus paham cara menghindari dan mengatasi berbagai situasi yang berbahaya.

Semoga Bermanfaat:))

Incoming search terms:

  • anak kecil mandi di dalam air

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *