0

Tips Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Di Usia Muda

Darah tinggi atau Hipertensi sering kali di sebut dengan hipertensi arteri, yang merupakan kondisi medis dengan tekanan darah di arteri meningkat, hal tersebut menyebabkan jantung hartus bekerja lebih keras dari pada biasanya untuk mengedarkan darah ke pembuluh darah lainnya. Dalam kondisi kronis, penyakit inipun dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti jantung dan juga stroke. Penyakit tekanan darah tinggi sendiri umumnya di alami oleh mereka yang telah lanjut usia. Namun, kini mereka yang masih berusia beliapun dapat menderita kondisi ini.

tips mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda

Tips mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda

Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda dapat di sebabkan oleh banyak faktor di anataranya adalah stres (perubahan mood/perasaan), berat badan yang berlebih (obesitas), pola hidup yang buruk (merokok, minum alkohol dan lainnya), terlalu sering makan makanan yang mengandung garam, pola tidur yang tidak teratur, faktor keturunan, serta penyakit tertentu sepertiĀ  penyakit ginjal, tiroid kelenjar gondok dan lainnya.

Adapun gejala umum yang sering di alami oleh penderita hipertensi adalah:

  • Sakit kepala terlebih bagian belakang.
  • Telinga berdengung.
  • Pandangan sering kali kabur.
  • Mimisan.
  • Dan pingsan.

Beberapa gejala yang telah di sebutkan di atas merupakan beberapa diantara gejala yang sering kali di alami oleh penderita tekanan darah tinggi, termasuk mereka penderita yang masih berusia belia. Apabila di usia muda anda telah terlanjur menderita darah tinggi, anda dapat mengikuti tips berikut ini, agar anda dapat menikamati usia muda anda tanpa gangguan penyakit yang berbahaya.

Tips mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda secara alami dan efektif

Ada beberapa tips mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda, yang dapat anda lakukan dengan mudah. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Mengurangi asupan garam

Bagi anda muda ataupun mudi yang kini telah menderita penyakit tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Cara tersebut merupakan cara alami yang paling efektif serta mudah untuk mengatasi darah tinggi yang anda alami. Usahakan untuk mengonsumsi garam secukupnya minimal satu sendok teh dan jangan melebihi dari pada itu.

Memperbanyak konsumsi potasium

Tips yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium. Seperti contoh kacang polong, bayam, pisang, pepaya, dan kurma merupakan beberapa di antara makanan yang mengandung potasium tinggi di dalamnya. Untuk itu, sebaiknya banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut karena jenis makanan tersebut juga merupakan obat darah tinggi alami yang efektif untuk mengatasi kondisi anda.

Mengontrol berat badan

Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan tekanan darah darah seseorang melambung tinggi. Maka dari itu, bagi ada yang kini sedang mengalami tekanan darah tinggi, mulailah mengatasi kondisi anda tersebut dengan diet sehat, yang berguna untuk mengontrol berat badan anda. Karena kebanyakan mereka yang memeiliki tubuh dengan obesitas sangat beresiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi.

Melakukan olahraga

Tips untuk mengatasi darah tinggi di usia muda lainnya yaitu dengan berolahraga secara teratur.Karena dengan olahraga, tekanana darah akan kembali normal dan andapun dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit lainnya. Andapun tidak memerlukan olahraga setiap hari, cukup 3 hari dalam seminggu, maka kesehatan anda dapat terjaga dan andapun bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda. Semoga informasi yang telah di sampai menambah wawasan serta bermanfaat khususnya bagi anda penderita darah tinggi di usia muda.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *