0

Efek Samping Obat Asetaminofen Bagi Ibu Hamil dan Janin

Healthy Site | Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ibu hamil yang menggunakan obat penghilang rasa sakit Asetaminofen (paling dikenal di bawah nama merek Tylenol), kemungkinan lebih cenderung berisiko memiliki anak dengan asma. Meskipun studi ini tidak dirancang untuk membuktikan sebab-akibat nya, namun para peneliti menemukan bahwa paparan obat prenatal over-the-counter dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk asma pada anak-anak. Tapi, penulis studi dan ahli AS sepakat bahwa efek terlihat dalam studi namun tidak menjamin perubahan dalam Pedoman mengenai nyeri selama kehamilan.

efek samping obat asetaminofen untuk ibu hamil
Dalam studi, peneliti Norwegia melacak data dari database besar studi kohort ibu dan anak Norwegia, Para peneliti yang berfokus pada kondisi selama kehamilan bagi ibu hamil yang menggunakan beberapa asetaminofen, dan membandingkan data itu dengan tingkat asma antara anak-anak 114,500 ketika mereka mencapai usia 3 dan 7 tahun.

Secara keseluruhan, 5% anak-anak didiagnosis dengan asma pada usia 3 tahun, sementara 5.1% telah mengembangkan kondisi pada usia 7 tahun, menurut tim yang dipimpin oleh Maria Magnus, dari Norwegian Institute of Public Health di Oslo.

Kelompok menemukan link konsisten antara asma pada anak sudah 3 tahun dan eksposur terhadap asetaminofen sebelum mereka dilahirkan. Link ini adalah terkuat antara anak-anak yang ibunya menggunakan obat untuk mengatasi lebih dari satu keluhan kesehatan, kata penulis studi.

Hubungan antara risiko penggunaan asetaminofen dan asma antara anak-anak adalah sama. Walaupun penggunaan obat tersebut didasari dengan masalah yang berbeda sekalipun. Studi juga tak menemukan hubungan antara perkembangan anak-anak asma dan penggunaan asetaminofen oleh ibu mereka ketika mereka tidak hamil, atau penggunaan obat pada ayah mereka.

Magnus dan timnya memperingatkan, bagaimanapun, bahwa temuan mereka tidak mengkonfirmasi sebab-akibat, dan tidak menjamin setiap perubahan pedoman yang ada untuk penggunaan obat penghilang rasa sakit oleh wanita hamil. Dan beberapa ahli di Amerika Serikat mengatakan ada alasan bagus mengapa wanita hamil mungkin ingin memilih acetaminophen untuk melawan nyeri dan demam.

“Pasien hamil harus diperingatkan bahwa asetaminofen adalah obat penghilang rasa sakit paling aman dalam kehamilan,” kata Dr Jennifer Wu, ob-gyn Lenox Hill Hospital di New York City. “Pasien hamil tidak boleh mengambil aspirin atau ibuprofen, karena risiko lebih besar dengan obat-obat ini. Risiko asma yang terkait dengan asetaminofen signifikan, tetapi secara keseluruhan masih kecil untuk setiap satu bayi,” tambah Wu.

Jadi, ada baiknya pula jika ibu hamil yang merasakan sakit pada bagian tubuhnya atau kondisi lainnya, ibu hamil bisa menggunakan ramuan herbal alternatif untuk penyembuhannya, dibanding harus memilih obat tersebut yang nantinya akan memberikan efek samping obat asetaminofen bagi ibu hamil dan janin. Walaupun pada akhirnya si kecil tetap menderita asma, pastikan ibu memberikannya obat asma untuk anak yang benar-benar tepat dan aman.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *