0

Tips Menurunkan Demam pada Anak Secara Alami

Ketika si kecil demam, beberapa Bidan menghimbau bunda agar jangan panik berlebihan, karena nantinya bukan solusi yang bisa bunda dapatkan. Pikiran yang sedang kacau dan panik justru akan membuat keadaan anak semakin mengkhawatirkan. Bunda seharusnya bisa memberikan pertolongan pertama pada anak dengan cerdas dan cermat. Berikan ia pengobatan yang ringan, alami dan juga aman dari bahan-bahan alam. Hal ini dilakukan agar bunda tak terlalu bergantung pada obat-obatan yang beredar di pasaran, atau mungkin ketika persediaan obat di rumah sedang kosong.

Nah, untuk membantu bunda dalam menurunkan demam si kecil, berikut kami berikan beberapa tips menurunkan demam pada anak secara alami seperti yang dilansir di beberapa situs kesehatan.

Cara Menurunkan Demam Anak Secara Alami

tips menurunkan demam pada anak secara alami

Bawang merah

Bawang merah telah banyak digunakan dari dulu untuk menurunkan demam, khususnya pada anak. Kandungan yang ada di dalam bawang merah berupa minyak atsiri, kuersetin, sikloalin, metolaliin, serta floroglusin. Cara penggunaannya yaitu cukup dengan memarut atau mengiris (tipis) bawang merah dengan menambahkan minyak kelapa. Balurkan ramuan tersebut pada tubuh anak, kemudian tunggu hasilnya.

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan Curcumin, Turmeron, da Zingiberen yang memberikan manfaat pada tubuh. Di antara manfaatnya tersebut adalah sebagai antioksidan, antiinflamasi, serta antibakteri yang secara langsung dapat berperan dalam menurunkan demam. Cara penggunaanya, Parutlah kunyit dengan ukuran sebesar ruas jari, campurkan dengan air panas 1/2 sendok, tunggu sampai dingin. Ketika dingin, peras ramuan tersebut dan ambil sarinya untuk diberikan kepada si kecil. Anda bisa mencampurkan madu atau jeruk nipis pada ramuan tersebut.

Temulawak

Temulawak yang sudah dikenal lebih jauh sebagai tanaman obat ini mengandung beberapa senyawa aktif seperti alpha beta curcumena, germacrene, serta xanthorrhizal. Kandungan tersebut mampu memberikan fungsi sebagai antibiotik dan antiinflamasi yang membantu proses menurunkan demam. Caranya, parut 1 ruas jari temulawak, campurkan dengan 1/2 gelas air, aduk. Saring dan peras airnya, gunakan sarinya untuk diberikan kepada anak. Madu bisa menjadi tambahan yang baik.

Jeruk nipis

Jeruk nipis yang memiliki antioksidan tinggi dapat membantu bunda dalam menurunkan demam pada anak. Caranya, siapkan 1/2 buah jeruk nipis, 1 butir ayam kampung, dan madu secukupnya. Peras jeruk nipis, tambahkan air panas 1/2 gelas beserta telur dan madu secukupnya, aduk. Minumkan ramuan ini pada anak 2 kali sehari dengan sekali minum 1/4 gelas.

Air kelapa muda

Tubuh anak yang demam dikatakan banyak kehilangan cairan, sehingga dibutuhkan asupan yang tepat untuk mengganti cairan yang hilang tersebut. Air kelapa muda pun menjadi solusi yang tepat untuk masalah tersebut, karena ia memiliki banyak Mineral serta Kalium yang sanggup mengganti cairan tubuh yang hilang selama demam. Sehingga, anda bisa memberikan air kelapa muda pada anak ketika demam, di samping mengutamakan air putih.

Nah, itulah beberapa tips sehat dan tepat yang bisa membantu bunda menurunkan demam pada anak secara alami, cepat, dan tepat. Namun, ketika panas anak tidak turun selama 3 hari, segera bawa ia ke dokter untuk mengetahui keterangan lanjut menyangkut kondisinya. Jika bunda membutuhkan banyak informasi mengenai anak, ibu hamil, ibu menyusui, kesuburan, dan lainnya, bisa kunjungi website resmi kami yang lebih lengkap di Bidan Online.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *